Bisakah Digital Marketing Agency Mengubah Brand Anda? Cari Tahu Bagaimana!

Digital Marketing Agency
Sumber gambar : Canva

Tahukah Anda bahwa 95% konsumen melakukan riset produk secara online sebelum memutuskan untuk membeli? Jika Anda ingin masyarakat digital mudah menemukan brand Anda, artinya Anda butuh digital marketing agency. Pasalnya, jika brand tidak punya kehadiran digital yang kuat, ini seperti sebuah toko yang terletak di tengah jutaan pesain tanpa papan petunjuk. 

Di sinilah peran jasa social media terbaik dalam mengoptimalkan brand Anda agar lebih mudah dicari dan ditemukan orang. Apalagi, jika memakai rancangan yang tepat, agency ini tidak hanya menaikkan branding tetapi juga bisa menambahkan konversi selling Anda. 

Bagaimana caranya? Yuk cek ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Agency Digital Marketing?

definisi Digital Marketing Agency
Sumber gambar : Canva

Digital marketing agency adalah sebuah perusahaan atau tim yang khusus membantu brand dalam mempublikasikan secara online. Sederhananya, mereka adalah para profesional yang memanfaatkan beragam platform untuk menjangkau calon pelanggan dan membantu mencapai tujuan bisnis Anda.

Peran utamanya tentu saja menjadi mitra rancangan bagi brand dalam dunia online. Misalnya saja jasa social media marketing, yang melakukan beberapa hal di bawah ini. 

  • Merancang marketing secara online dan komprehensif, mulai dari analisis pasar hingga penetapan tujuan yang jelas.

  • Mengelola kampanye online marketing, seperti iklan berbayar, media sosial, dan email marketing.

  • Membuat konten yang atraktif dan relevan untuk berbagai aplikasi online, seperti infografis, blog, video, dan postingan di media sosial.

  • Menaikkan visibilitas website di mesin pencarian (SEO) dan memastikan user experience yang baik.

  • Melacak kinerja kampanye, menganalisis data, dan membuat laporan untuk mengukur keberhasilan.

Bagaimana Cara Kerja Digital Marketing Agency?

cara kerja jasa social media marketing
Sumber gambar : Canva

Digital marketing agency bekerja secara sistematis untuk menggapai target tertentu dari kliennya. Nah, secara umum, proses kerjanya bisa terbagi menjadi beberapa tahap di bawah ini.

1. Analisis

Agency akan mempelajari brand klien secara mendalam, termasuk produk/jasa, target pasar, dan pesaing. Setelah itu, mulai melakukan audit terhadap eksistensi brand, termasuk di website, di media sosial, dan kinerja saat ini. Jika sudah, maka tinggal menentukan business goal yang dimiliki klien, apakah itu selling atau brand awareness.

2. Perencanaan

Dari data yang ada, maka agensi akan merancang rancangan marketing online yang komprehensif, mencakup taktik-taktik yang akan Anda pakai untuk mencapai target. Mereka juga akan membantu Anda untuk menentukan platform mana yang akan digunakan agar relevan dengan target market. 

Selanjutnya, agensi akan membuat content planner hingga mood board secara umumnya. 

3. Eksekusi

Selanjutnya tim digital marketing akan melaksanakan rancangan yang telah direncanakan, misalnya saja untuk beberapa langkah di bawah ini. 

Branding

Berikut adalah upaya-upaya branding yang biasa dilakukan digital marketing agensi:

1. Visualisasi Kuat

Agensi akan membantu menciptakan identitas brand bisnis yang kuat, bisa melalui warna, logo, tone of voice, dan tipografi Anda pakai secara konsisten di semua materi marketing. Agensi sebagai jasa sosial media branding akan menciptakan narasi yang kuat di balik brand agar ada koneksi emosional dengan target market.

2. Brand Awareness

Untuk tujuan bisnis brand awareness, tim digital marketing akan memastikan website mudah ditemukan mesin pencari melalui teknik-teknik SEO. Agensi juga menciptakan marketing di social media melalui komunitas online yang aktif, termasuk membuat konten yang informatif dan menghibur untuk engage target market.

3. Membangun Reputasi Positif

Sebagai upaya membangun reputasi bisnis Anda agar senantiasa positif, agensi akan memonitor, merespons ulasan serta komentar pelanggan dan menciptakan hubungan baik dengan media dan influencer.

Selling 

Berikut adalah upaya-upaya selling yang biasa dilakukan digital marketing agensi:

1. Optimasi Website

Agensi memastikan website Anda mudah dipakai dan ternavigasi dengan User experience (UX) yang bagus. Mereka juga akan memaksimalkan Conversion rate optimization (CRO), yakni menaikkan persentase traffic dengan  tindakan yang brand inginkan.

2. Iklan Berbayar

Agensi akan menggunakan beragam kanal mulai dari Google Ads, Social media ads hingga, menggaet influencer

3. Remarketing

Tim digital marketing akan menampilkan iklan kepada pemakai yang pernah berkunjung.

4. Email Marketing

Untuk email marketing, agensi akan membuat daftar email dengan mengumpulkan alamat email pelanggan potensial. Selanjutnya, tim akan mengirim email penawaran, newsletter, dan konten relevan lainnya.

Evaluasi

Dalam melakukan evaluasi atas kampanye marketing yang dijalankan, tim digital marketing umumnya akan melakukan hal-hal berikut:

1. Pengukuran Kinerja

Agensi melakukan penilaian keberhasilan kampanye berdasarkan metrik, misalnya traffic website, tingkat konversi, dan engagement.

2. Pelaporan

Tim agensi akan menyusun laporan berkala untuk memberikan informasi kepada klien tentang kinerja kampanye dan hasil yang telah tercapai.

3. Pengembangan Lebih Lanjut

Agensi akan terus mengembangkan rancangan berdasarkan hasil evaluasi.

Siap Mentransformasi Brand Anda Bersama GoSocial?

digital marketing agency terbaik di Indonesia
Sumber gambar : Canva

Dengan pengalaman dan skill yang mumpuni, GoSocial merupakan digital marketing agency terbaik di Indonesia yang bisa Anda percaya untuk mengelola bisnis Anda. Kami memberikan layanan online marketing yang komprehensif untuk setiap tahap pertumbuhan brand Anda.

Mengapa memilih GoSocial?

  • Strategi yang Terukur - Mengembangkan rancangan marketing yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik brand Anda.

  • Tim Expert - Punya tim yang terdiri dari para expert di berbagai bidang online marketing, jadi bukan sekadar teoretis semata.

  • Transparansi - Memberikan laporan berkala dan mengukur kinerja kampanye secara transparan.

  • Fokus pada Hasil - Membantu brand dalam memperoleh hasil yang nyata dan sustain.

Mulai transformasi brand Anda sekarang bersama digital marketing agency GoSocial! Anda bisa melakukan konsultasi dahulu secara gratis sebelum memutuskan untuk mengambil layanan yang mana. Sebagai salah satu jasa social media terbaik, GoSocial berkomitmen penuh untuk kepuasan Anda, demi menjadikan brand bisa lebih terkenal dan menggapai target dengan optimal. 

"We're not just an agency, we're your growth partner."

Labels