Manfaat dan Cara Kerja P2P Lending Sebagai Salah Satu Instrumen Investasi

Source: Pexels.com

Informasi tentang keuangan saat ini tidak hanya terbatas pada mereka yang fokus pada finansial. Tetapi juga anak muda dan pebisnis pemula yang tertarik dengan isu ini. Seperti yang bisa kita lihat, makin banyak anak muda berusaha mempelajari tentang investasi.

Tujuannya pun beragam, mulai dari menyiapkan masa depan, hingga solusi permodalan guna mengembangkan bisnis. Investasi tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan. Lantas, apa itu investasi?

Apa Itu Investasi?

Berbeda dengan menabung, investasi adalah upaya menyimpan kekayaan (berupa aset maupun uang) pada instrumen tertentu, dan berharap aset tersebut memberikan keuntungan di masa yang akan datang.
Secara sederhana, investasi merupakan strategi keuangan yang dilakukan sekarang, dengan harapan mendapat keuntungan lebih besar dalam periode waktu tertentu. Umumnya dalam rentang 3 – 10 tahun.

Ada banyak instrumen investasi, termasuk salah satunya adalah P2P (peer to peer) Lending. Layanan keuangan yang menghubungkan peminjam modal dan pemberi pinjaman.

Manfaat P2P Lending

P2P Lending banyak dipilih sebagai investasi karena tak hanya menguntungkan peminjam, tetapi juga yang memberikan pinjaman. Berikut beberapa manfaat P2P Lending, yaitu:

1. Akses Lebih Mudah

Pembiayaan bagi UMKM melalui P2P Lending dianggap sangat memudahkan. Sebab layanan ini tidak memberikan syarat yang memberatkan, dan bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Menjadi solusi bagi masyarakat dan pemilik bisnis yang tidak bisa mengajukan pinjaman bank dan semacamnya.

2. Dukungan Secara Nyata

Investasi yang dilakukan melalui layanan P2P Lending memberikan dukungan nyata terhadap ekonomi bisnis, terutama para pelaku UMKM yang mengalami keterbatasan dana sehingga sulit mengembangkan usahanya.

3. Diversifikasi Portofolio

Bagi investor, ini bisa menjadi salah satu cara melakukan diversifikasi portofolio dengan risiko yang rendah. Sebab dengan kemudahan teknologi, platform bisa meminimalisir kerugian dalam investasi. Sehingga saat instrumen investasi lain sedang turun, kamu tetap mendapat keuntungan dari sini.

Cara Kerja P2P Lending

Untuk memberikan gambaran mengenai alur investasi melalui layanan ini, begini cara kerja P2P Lending yang perlu kamu pahami, yaitu:

1. Pendaftaran

Baik penerima maupun pemberi pinjaman, keduanya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian mengisi data diri sesuai tujuan masing-masing.

2. Proses Pinjaman

Setelah terdaftar, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman atau memilih mana usaha yang ingin diberikan pinjaman.

3. Penilaian Risiko

Platform akan melakukan profiling atau penilaian terhadap kamu. Mengukur sejauh mana profil risiko yang kamu miliki. Ini juga akan menjadi perhatian bagi pemberi pinjaman.

4. Penawaran Pinjaman

Profil kamu nantinya akan diberikan kepada investor sebagai penawaran pinjaman. Jika terpilih, maka kamu akan mendapat pinjaman sesuai besaran alokasi yang diberikan investor.

5. Penyaluran Dana

Jika pinjaman kamu disetujui oleh investor, maka platform akan langsung menyalurkan dana ke akun milikmu, dan waktu pengembalian pinjaman mulai berjalan.

6. Pengembalian Pinjaman

Tiap platform memiliki ketentuan masing-masing terkait pengembalian pinjaman. Ada yang menerapkan jangka waktu bulanan dan mingguan. Batas waktu tersebut bisa disesuaikan dengan kesanggupan kamu melakukan pembayaran.

Apabila kamu tertarik mencoba pinjaman dana melalui P2P Lending, kamu bisa mengandalkan Amartha sebagai solusi terbaik. Kamu bisa mengakses layanan ini melalui website resmi, dan aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Layanan P2P Lending Amartha dikembangkan oleh Andi Taufan Garuda Putra, yang juga merupakan CEO Amartha. Awalnya layanan ini ditujukan untuk membantu akses modal bagi masyarakat Bogor, dan kini bisa dinikmati oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Dengan platform ini, kamu tidak hanya bisa mencari solusi keuangan yang aman, tetapi sekaligus membantu para UMKM yang memerlukan akses modal, dan mengembangkan usaha mereka, dan turut serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera.

Labels